Flu Babi is Human Panic, Not Pig Panic

Posted on Mei 24, 2009. Filed under: kesehatan, serba-serbi | Tag:, , , , , , , , , |

swineflupigKeputusan WHO  untuk mengganti sebutan “Flu Babi” menjadi “H1N1 Influensa A” sangat tepat. Istilah flu babi telah menyesatkan dan memberi dampak ketakutan kepada masyarakat. Masyarakat menjadi fobia terhadap babi sehingga marak pemusnahan babi di mana-mana. Selain itu juga muncul ketakutan tak beralasan untuk mengkonsumsi babi dan produknya.

Kerugian ekonomi akibat dampak pemusnahan dan ketakutan babi cukup terasa diman-mana. Padahal belum ada bukti bahwa virus berpindah langsung dari babi ke babi atau babi ke manusia. Babi hanya tempat bergabung atau dalam istilah kerennya “berkoalisi”nya virus. Sel tubuh babi cocok untuk bertumbuhnya jenis virus baru yang lahir dari koalisi virus burung H5N2 dan virus influensa manusia sehingga terbentuklah virus H1N1. Jadi tubuh babi hanya sebagai media untuk tumbuhnya virus baru tersebut.

Justru yang terbukti sekarang adalah ternyata virus tersebut menyebar dari manusia ke manusia atau bahkan manusia ke babi. Jadi sebenarnya yang perlu dipersiapkan adalah manusianya. Manusia yang membawa virus dari negara terjangkit itulah yang perlu diwaspadai. Jadi membasmi babi dan produknya adalah sesuatu yang berlebihan.

Sikap kita harus lebih fokus pada kebutuhan human panic, bukan pig panic. Yang perlu disiapkan, dibuat waspada adalah manusianya. Hal itu bisa dilakukan dengan mengutamakan kebersihan diri serta meningkatkan sistem imun tubuh dengan menu bergizi dan hidup lebih tertib. Pengawasan terhadap pintu-pintu gerbang kedatangan ke Indonesia harus lebih ditingkatkan.

Jadi yang senang mengkonsumsi babi dan produknya, tidak usah takut!!! sikat…..hehe….

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Flu Babi is Human Panic, Not Pig Panic”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

[…] Flu Babi is Human Panic, Not Pig Panic […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: