Mimpi Indonesia ke Pentas Dunia

Posted on Mei 9, 2009. Filed under: bola | Tag:, , |

Beberapa waktu yang lalu, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia ( PSSI ) melalui ketua umumnya Nurdin Halid mengungkapkan keinginannya bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah atau penyelenggara Piala Dunia tahun 2018 atau tahun 2022. Dan keinginan ini direspon positif oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan akan mendatangkan pelatih berkelas dunia untuk menangani tim nasional Indonesia.

Kalau untuk sekedar membangun segala macam infrastruktur pendukung penyelenggaraan piala dunia, waktu kurang lebih 10 tahun adalah waktu yang cukup atau bahkan bisa dikatakan lama. Membangun stadion-stadion yang berstandar FIFA, sarana transportasi, sarana-sarana akomodasi bagi tim peserta ataupun penonton yang akan datang adalah hal bisa dilakukan jika PSSI dan pemerintah benar-benar berkomitmen untuk itu.

Tetapi bagi saya, yang paling penting di atas semua itu adalah  bagaimana membangun prestasi tim nasional sepakbola Indonesia itu sendiri. Jangan kita bermimpi menuju atau bisa berbicara di pentas dunia kalau prestasi tim Indonesia masih seperti sekarang. Berprestasi di tingkat Asia Tenggara pun kita kesulitan apalagi berbicara di pentas dunia.  Jangan kita bemimpi bisa berbicara di pentas dunia kalau pengelolaan kompetisi dalam negeri masih seperti sekarang.

Bagaimana kita melihat sepakbola Indonesia tidak bisa lepas dari masalah politik. Karena ada kampanye dan pemilu maka dengan enaknya penyelenggara mengubah jadwal pertandingan dengan alasan tidak ada izin dari aparat keamanan. Bagaimana kita melihat para pelaku politik merusak stadion sepakbola karena digunakan untuk kampanye, bagaimana banyak klub sepakbola yang megap-megap membiayai operasionalnya karena tidak ada suntikan dana dari APBD, dan banyak hal lain yang menunjukkan bahwa kita belum mampu mengelola sepakbola secara profesional.

Dan pengelolaan sepakbola yang tidak profesional mengakibatkan prestasi Indonesia jalan di tempat atau bahkan mengalami kemunduran. Kita lihat Sriwijaya FC, juara liga Indonesia tahun 2008, hanya menjadi bulan-bulanan tim lain di liga Champions Asia. Dari 5 pertandingan yang telah dilakoni, semuanya kalah dan parahnya dengan skor sangat mencolok.  Para penonton Indonesia datang bukan untuk menikmati pertandingan sepakbola, tetapi datang hanya untuk melihat tim kesayangannya menang. Sehingga kalau kalah, kerusuhan dan anarkhi dengan mudahnya terjadi.

Untuk itu, PSSI harus bisa segera menyembuhkan borok yang terjadi di sepak bola Indonesia. Sementara fans sepak bola Indonesia harus sudah bisa bersikap dewasa dalam menyikapi hasil yang terjadi di lapangan.

Prinsipnya adalah Just Do It. Doa dan ikhtiar. hanya dengan usaha sungguh-sungguhlah, mimpi bangsa ini untuk menyaksikan Tim Merah Putih bertanding di puncak tertinggi sepak bola dunia bisa terwujud. Ayo, buktikan Indonesia

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

3 Tanggapan to “Mimpi Indonesia ke Pentas Dunia”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

ijin kopas boleh nggak

[…] Putih bertanding di puncak tertinggi sepak bola dunia bisa terwujud. Ayo, buktikan Indonesia Oleh agustinus tandi lambi untuk […]

[…] Mimpi Indonesia ke Pentas Dunia […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: