Caleg Stress

Posted on April 26, 2009. Filed under: sospol, Uncategorized | Tag:, , , , |

Hingar- bingar pemilu legislatif sudah mulai reda. Hinpicture11gar-bingar pemilu legislatif ini sekarang diganti hingar-bingar pemilu presiden. Meskipun begitu, pemilu legislatif masih banyak meninggalkan masalah dan itu menjadi PR bagi semua pemangku kepentingan. Mulai dari kisruh DPT ( daftar pemilu tetap ) yang memaksa  banyak masyarakat menjadi golput, banyaknya surat suara yang tertukar, dugaan perhitungan suara yang curang, pusat tabulasi penghitungan suara KPU yang berjalan lamban, dan satu lagi….sesuatu yang ironis dan memalukan…tidak lain dan tidak bukan adalah banyaknya calon anggota legislatif alias caleg yang stress akibat gagal mendapatkan kursi yang diimpi-impikannya dalam pemilu.

 

Fenomena caleg yang stress ini sebenarnya bukan hal baru. Sejak dimulainya sistem pilkada langsung ( pemilihan kepala daerah langsung ) di Indonesia, sudah sering kita lihat di media banyaknya calon kepala daerah yang harus masuk rumah sakit jiwa akibat stress gagal mendapatkan jabatan yang inginkannya. Dan saya pikirnya puncaknya ada pemilu legislatif kali ini. Dengan menggunakan sistem suara terbanyak, bukan berdasarkan nomor urut, maka kesempatan setiap orang untuk terpilih menjadi terbuka lebar. Ini sangat tergantung pada cara pendekatan yang dilakukan. Dan ironisnya yang paling banyak dilakukan oleh para caleg dengan adalah  pendekatan dengan uang atau materi. Inilah akar dari segala persoalan yang menyebabkan caleg stress. Mereka tidak kuat menanggung beban utang dan banyaknya uang yang mereka keluarkan untuk ikut serta dalam pemilu.

 

Untung saja masih calon, coba kita pikirkan kalau seandainya mereka sudah menjadi anggota legislatif dan mereka tidak kuat menangggung beban akibat banyaknya persoalan negara dan rakyat yang harus dikerjakan, bisa-bisa gedung DPR di Senayan bukan lagi menjadi gedungnya wakil rakyat tapi menjadi gedung pusat  rehabilitasi orang gila yang baru. Dan bayangkan keadaan negara jika demikian, bisa-bisa Indonesia menempati peringkat pertama jumlah penduduk GILA terbesar di dunia hehe…..

Berikut ini beberapa contoh tipe caleg stress setelah mengikuti pemilu kemarin :

  1. Ini yang paling ironis dan menakutkan. Banyak caleg yang menghilangkan dirinya dari muka bumi alias bunuh diri karena gagal mendapatkan suara / kursi.
  2. Caleg yang mendatangi orang-orang “pintar” atau pusat-pusat rehabilitasi untuk menenangkan diri dan pikirannya. Dimanakah kamu “agama” ????
  3. Kalau yang ini lucu, menggelikan, dan kekanak-kanakan. Caleg yang meminta kembali uang, materi, atau apapun yang telah mereka “investasikan” kepada rakyat.  Saya tidak bisa membayangkan kalau orang-orang seperti ini menjadi wakil rakyat. Mereka tidak menjadi pembela rakyat tapi sebaliknya menjadi “penghisap” rakyat. Mereka cuma mau “baik-baik” rakyat kalau ada maunya saja. Untuk caleg yang ini, saya bersyukur mereka tidak terpilih.
  4. Yang terakhir, caleg yang sudah benar-benar gila. Sudah tidak punya “kemaluan” lagi. berlari-lari di jalan umum tanpa menggunakan sehelai benang pun

Untuk melihat daftar lengkap caleg yang stress dapat klik di sini saja.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Caleg Stress”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

saya pikir mereka bukan stress tanpa sebab…masalahnya yang ‘nyaleg’ itu rata-rata memang mereka yang sudah merasa kalah di dunia luar.

artis yang udah gak kebagian job, mereka yang gak ada kerjaan lain, preman yang mulai gak dianggep, dll.

Jadi gak heran kalo ndak kepilih yah…mereka cuma menuruskan kestresan mereka sebelum nyaleg ajah…😀


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: