Gubuk Kecil rumah Pemimpin Besar

Posted on April 14, 2009. Filed under: tips2kehidupan | Tag:, , , , , , , |

Saya senang sekali membaca kisah-kisah hidup orang-orang hebat dunia. Ada suatu fenomena yang selalu saya dapat bila saya merenungkan kisah-kisah hidup mereka. Kita lihat beberapa kisah berikut ini.

Ahli pidato ulung Indonesia dan juga Presiden pertama Indonesia, Soekarno, dilahirkan dari keluarga miskin, tak banyak bekal untuk masa depannya. Tapi, dengan suara pidato-pidatonya ia bisa menggetarkan seluruh dunia.

Michael Faraday, salah satu ilmuwan penemu hukum kelistrikan, melakukan percobaan-percobaanya, membaca buku, menulis surat di dalam rumahnya yang reyot di Inggris. Lebih dari itu, ternyata rumahnya itu adalah bekas kandang kuda. Tapi ia tidak patah semangat, ia belajat dengan rajin dan tekun melakukan percobaan-percobaan sampai dia akhirnya menjadi proffesor di akademi kerajaan di Inggris dan menjadi salah satu ilmuwan alam terbesar di jamannya.

Keppler, seorang ahli perbintangan, Awalnya juga harus berjuang melawan kemiskinan, kekurangan, dan berbagai kesulitan. Buku-bukunya dibakar atas perintah negara. Tapi ia tetap bekerja dengan tekun, menyusun dan menjelaskan hukum-hukum alam yang termasyur. Anak yang awalnya hidup tanpa harapan ini, di kemudian hari akhirnya menjadi salah satu ahli astronomi terbesar di seluruh dunia.

Abraham Lincoln, dilahirkan dalam gubuk. Segala sesuatu yang diperoleh dalam hidupnya tak pernah di dapatnya secara kebetulan. Kesempatan-kesempatan yang diperolehnya adalah buah dari ketekunan dan kejujurannya. Untuk membaca buku pelajaran yang hendak di bacanya, ia harus jalan kaki menempuh jarak 21 km dan kembali setelah membaca 100 halaman. Pada akhirnya dia menjadi salah satu presiden terhebat dalam sejarah  Amerika.

Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari beberapa kisah di atas???. Di antara pemimpin besar dan orang-orang yang berjasa kepada umat manusia banyak yang dilahirkan dalam gubuk kecil. Seolah-olah gubuk kecil ditakdirkan menjadi tempat kelahiran semua orang terkenal dan masyhur.

Makanan dan kesuksesan selalu tersedia untuk setiap orang yang punya keterampilan, ketekunan, dan kemauan untuk meraih dan menangkap peluang-peluang yang ada. Tak menjadi soal apakah kita dilahirkan di dalam gubuk atau istana. Asal mempunyai satu tujuan yang tetap dan sanggup bertahan, maka tak ada kekuatan apapun di dunia yang menghalang dan merintangi kita.

GBU all…..

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: