Persaingan Antara Blog dengan Social Network

Posted on Maret 19, 2009. Filed under: komputer | Tag:, , , , |

lens2382053_1232241802twitter_vs_facebook_21Anda punya blog ??? juga anda punya juga Facebook ??? kalau anda punya kedua-duanya, mana yang lebih sering anda update ??? Secara naluri pasti anda akan lebih sering meng-update situs facebook anda. Mengapa ??? karena anda kangen dengan teman-teman anda, anda bisa berkomunikasi dengan orang-orang terkenal atau idola anda yang sebelumnya tidak pernah anda bayangkan bisa terjadi. Seperti saya yang bisa menemukan teman-teman SMA saya melalui facebook, bisa berteman dengan beberapa penulis terkenal bahkan bisa mengetahui dimana Pak Hermawan Kartajaya lagi berada. Semua bisa dilakukan secara real time, saat itu juga. Semua itu bisa terjadi dan bisa dilakukan melalui facebook, situs Social Network terbesar di dunia saat ini.

Terus bagaimana dengan blog ??? Blog memang tidak mati tapi terasa tenggelam oleh derasnya pengguna internet yang menjadi anggota social network. Blog memang punya kekhususan sendiri yang bukan hanya bisa menampilkan data pribadi, tapi juga berisi beragam tulisan, mulai dari catatan pribadi, opini, berita atau berbagai macam isu yang lagi berkembang. Keunggulan blog inilah yang membuat blog masih tetap eksis di tengah boomingnya penggunaan situs social network.

Untuk menghadapi keunggulan blog tersebut, maka penyedia layanan social network pun memberikan layanan atau fitur blog di dalam situsnya, seperti yang kita lihat pada facebook, MySpace, atau Friendster. Fitur blog ini cukup menarik, dan ini memang sengaja dibuat untuk mencegah para anggota social network berpindah ke situs lain hanya untuk melakukan aktivitas blogging.

Melihat perkembangan ini, maka situs blog pun tidak mau kalah. Seperti yang dilakukan WordPress, mereka menjawab persaingan ini dengan meluncurkan BuddyPress. BuddyPress ini merupakan pengembangan sebuah blog yang digabungkan dengan Social Network. . Artinya..sebuah blog tidak hanya sebagai blog saja tapi juga dilengkapi dengan fitur social network. Bisa dibayangkan bila blog punya kemampuan untuk melakukan koneksi jaringan seperti layaknya social network. BuddyPress merupakan jawaban serius untuk melanjutkan persaingan dengan social network.

Kalau di facebook anda bisa melakukan “add friend” maka melalui BuddyPress ini anda bisa melakukan “add blog” …Hebat kan ???

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

4 Tanggapan to “Persaingan Antara Blog dengan Social Network”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

BuddyPress ? Baru denger, cob ahhh..

plugins yang bagus untuk tetap terkoneksi ke rekan sesama blogger.

Boleh juga dijajal🙂.

Halo…salam kenal. saya sudah mengimpelmentasikan penggabungan antara WPMU+BuddyPress, saya customize ulang untuk desainnya. Silakan kunjungi http://bloggergaul.com. terima kasih


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: