6 Tingkatan Profil Pengguna Internet

Posted on Maret 16, 2009. Filed under: komputer | Tag:, , , , , , |

imagesSudah nonton film Kambing Jantan ????. Kalau saya sih udah hehe…. tapi tulisan ini tidak untuk membahas jalan cerita filmnya Raditya Dika tersebut. Saya tertarik pada obrolan “si kambing” tentang asal cerita film tersebut. Si kambing mengatakan bahwa asal cerita film tersebut adalah tulisan yang ada dalam blognya. Lalu ada yang bertanya “apa itu blog?”. Si kambing terkaget-kaget “hari gene gak tahu blog” kasihan amat hehe….

Hari-hari belakangan, kita diselimuti oleh perkembangan teknologi internet. Kompas minggu 15 Maret 2009 menurunkan 2 halaman khusus membahas tentang facebook yang lagi “menyihir” dunia. Semua orang mulai dari mahasiswa, selebritis, pegawai kantor, politikus, sampai ibu-ibu pun pun kecanduan facebook. Bahkan salah satu operator seluler terkenal menawarkan produknya dengan iming-iming chatting, browsing, facebook, dan blogging yang murah dan cepat. Interaksi dalam dunia maya sepertinya sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang. Kalau anda tidak terhubung dengan internet dan tidak berusaha untuk mencobanya maka anda selamanya akan gagap tentang istilah-istilah di atas.

Saya baru selesai membaca buku “New Wave Marketing”nya Hermawan Kartajaya. Dalam salah satu babnya dibahas tentang fenomena Groundswell. Groundswell didefinisikan sebagai tren sosial di mana untuk mendapatkan kebutuhannya, orang lebih memilih mencarinya dari orang lain ketimbang dari produsen atau toko. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi Internet. Contohnya saja situs eBay. Di sini orang membeli barang dari orang lain, bukan dari toko. Contoh lainnya adalah Linux. Sistem operasi ini diciptakan secara gotong-royong oleh individu-individu, bukan oleh perusahaan besar seperti Microsoft.

Salah satu bagian yang paling menarik adalah segmentasi berdasarkan tingkat aktivitasnya dalam groundswell. Dalam buku ini, segmentasi tersebut disebut sebagai Profil Social Technographics. Ada 6 profil, yaitu Creators, Critics, Collectors, Joiners, Spectators, dan Inactives. Profil-profil ini sendiri digambarkan sebagai tangga. Creators adalah anak tangga paling atas karena merupakan segmen yang paling tinggi tingkat aktivitasnya, sementara Inactives berada paling bawah karena merupakan segmen yang paling rendah tingkat aktivitasnya.

Secara ringkas, keenam profil Social Technographics tersebut sebagai berikut.

1. Creators adalah orang-orang yang paling-tidak sebulan sekali menulis di blog-nya atau meng-upload video di YouTube.

2. Critics adalah orang-orang yang memberikan komentar pada blog atau memberikan penilaian secara online terhadap suatu produk.

3. Collectors adalah orang-orang yang menyimpan berbagai informasi online pada satu situs, misalnya menyimpan alamat-alamat situs favorit di situs Delicious.

4. Joiners adalah orang-orang yang punya profil di situs social networking seperti Facebook untuk sekadar menjalin relasi.

5. Spectators adalah orang-orang yang sekadar membaca blog atau menonton video orang lain.

6. Dan yang terakhir, Inactives, adalah orang-orang yang tidak melakukan aktivitas apa-apa walaupun ia sedang online.

Pertanyaannya,…anda sekarang berada di tingkat yang mana ????

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “6 Tingkatan Profil Pengguna Internet”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

kalo saya yang mana mas?

bingung . . . ?
yg mana ya


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: