Fenomena Ponari

Posted on Februari 25, 2009. Filed under: Berita, kesehatan | Tag:, , , |

Hal apa yang bisa kita petik dari fenomena dukun “tiban” Ponari. Berikut ini kesimpulan yang saya ambil dari berbagai media ( koran, radio, televisi, dan internet ) :

  1. Percaya atau tidak!!!! Ponari punya kekuatan tenaga dalam yang begitu besar, baik dari dalam dirinya sendiri maupun dari batu petir yang digunakannya. Begitulah kata peneliti kesehatan tradisional Prof Dr dr Hariyadi Soeprapto. Bagi Hariyadi, fenomena pengobatan yang dilakukan Ponari tidak bisa hanya dianalisis dari sisi ilmiah. Semua orang seharusnya lebih bijaksana menghadapi fenomena Ponari ini, termasuk di dalamnya kemungkinan adanya kekuatan gaib pada diri Ponari yang tidak bisa dijelaskan dengan akal.Percaya ??? itu semua terserah anda..
  2. Orang-orang berbondong-bondong ke tempat ke Ponari karena faktor sugesti. Mereka merasa dan berpikir penyakitnya bisa segera sembuh setelah berobat ke Ponari. Secara teori, sugesti yang dibangkitkan oleh seseorang pada dirinya sendiri bisa merangsang hormon-hormon dalam tubuh untuk mengeluarkan sel-sel pelawan penyakit atau antibody.
  3. Fenomena Ponari merupakan bukti kegagalan pendidikan Indonesia. Tujuan pendidikan yang mendorong manusia untuk berpikir secara rasional gagal bila dihadapkan dengan fenomena ini. Bersekolah maupun tidak bersekolah ternyata nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat kita tidak berubah. Ini bisa dilihat dari pasien-pasien yang tidak sempat mendapat air yang dicelupi batu oleh Ponari, mereka mengambil barang-barang apa saja yang berhubungan dengan Ponari, mulai dari air dari terob rumah Ponari, air comberan, bahkan tanah dari daerah yang dekat dengan kamar mandi Ponari.
  4. Fenomena Ponari merupakan bukti kegagalan pemerintah menyediakan fasilitas kesehatan yang dijangkau oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat tidak memiliki uang untuk berobat, sedangkan pengobatan di rumah sakit maupun puskesmas sekarang ini menghabiskan banyak biaya. Melalui Ponari, dengan membayar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 saja, mereka bisa mengharapkan kesembuhan pada penyakit mereka melalui kekuatan batu yang dimiliki bocah itu.
  5. Fenomena Ponari merupakan bukti bahwa budaya instan yang mengharapkan segala sesuatu berlangsung dan selesai dengan cepat telah merasuki segala seluk beluk kehidupan masyarakat kita, termasuk dalam hal kesehatan. Salah satu penyebab terbesarnya adalah tayangan televisi. Mulai dari fenomena idol-idolan, tayangan sinetron, sampai iklan membanjiri tontonan masyarakat kita setiap hari. Semua itu menyodorkan penyelesaian masalah secara cepat, instan, dan spektakuler.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Fenomena Ponari”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

Ya.. Betul itu Masyarakat kita terbodohi oleh semua itu siapa yg Peduli dengan semua itu.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: