Pemimpin Yang Visioner

Posted on Januari 25, 2009. Filed under: kerja, tips2kehidupan |

Anda pasti tahu dan pernah mendengar nama-nama Bill Gates, Steve Jobs, dan terakhir yang paling terkenal Barack Obama. Ketiga orang yang di atas adalah beberapa di antara tokoh idola saya. Tokoh idola saya yang lain Warren Buffet, Jack Welch, dan satu lagi Velentino Rossi. Berikut ini penjelasan mengenai ketiga tokoh idola saya yang disebut pertama di atas.

BILL GATES, kalau menyebut nama ini, yang pasti pertama kali teringat adalah produk perangkat lunak ( software ) microsoft dan kekayaan. Ya, Bill Gates adalah penemu dan pencipta Microsoft yang sangat legendaris itu. Berkat temuan dan keberhasilannya tersebut, dia akhirnya mampu menjadi orang terkaya di dunia dan posisinya selalu bertahan di urutan teratas dalam beberapa tahun terakhir. Berangkat dari visinya yang sangat sederhana yaitu menghadirkan komputer di atas meja dalam tiap rumah. Berkat komitmen untuk mewujudkan visinya tersebut, ia dengan tekun, telaten, dan penuh keuletan berusaha mencapai mimpinya tersebut. Dia bahkan rela drop out dari kuliahnya demi mencapai mimpinya tersebut. Dengan didukung oleh teman-temannya yang lain ( seperti Paul Allen ), ia akhirnya menemukan perangkat lunak Microsoft yang hingga kini hampir semua PC menggunakan perangkat lunak ini. Dan mimpinya untuk menghadirkan komputer akhirnya tercapai dan hebatnya lagi hampir setiap komputer memakai perangkat lunak Microsoft ciptaannya.

STEVE JOBS, terkenal sebagai orang yang sangat unik, eksentrik, inovatif dan sangat ambisius. Bahkan karena keambisiusannya itu ia pernah dipecat dari perusahaan komputer Apple. Perusahaan yang nota bene didirikannya sendiri ( walaupun akhirnya Apple menariknya kembali ). Luar biasa dan Aneh. Tapi dia tidak pernah patah semangat. Dia selalu tekun untuk mewujudkan visinya. Dia punya visi menghasilkan produk teknologi yang sederhana, user friendly, namun sangat indah dan elegan. Maka lahirlah produk-produk seperti Ipod, Iphones, dan Itunes yang sangat laris di pasaran saat ini. Sebelumnya orang tidak pernah membayangkan akan ada produk-produk seperti. Tapi Steve Jobs berhasil menemukannya.Itu semua berkat ketekunan dan kecintaannya untuk mewujudkan visinya. Ia menjawab keraguan orang dengan kerja nyata dan hasil gemilang. Bentuk indah, elegan, sederhana, namun powerful, menjadi ciri khas produk Apple hingga saat ini.

BARRACK OBAMA, siapa yang tidak kenal dengan orang ini. Presiden Amerika Serikat pertama yang berkulit hitam. Sesuatu hal yang tidak pernah dibayangkan oleh banyak orang bisa terjadi. Namun Barack Obama berhasil mewujudkannya. Entah suatu kebetulan, waktu dia masih bersekolah di Indonesia, dia menulis cita-citanya ingin menjadi presiden di atas sebuah kertas lusuh. Dan yang terjadi sekarang bukan lagi di atas kertas yang lusuh, tapi di sebuah bangunan megah, elegan, cantik dan sangat terkenal di dunia, White House. Barack Obama punya visi yang sangat jelas. Dia sangat terkenal dengan slogan “Change, We Can Believe In”. Perubahan. Dia bertekad untuk mengubah pandangan dunia terhadap Amerika. Dia berjanji akan menutup penjara teroris Guantanamo, Kuba. Dia berjanji akan menghentikan perang di Irak dengan menarik semua pasukan Amerika yang ada di sana. Memperkuat pasukannya di Afganistan dan hal-hal lain yang sangat jelas diungkapknnya sehingga menarik simpati orang Amerika dan dunia terhadapnya.

Nah, pelajaran apa yang bisa kita petik dari ketiga tokoh di atas ???? Salah satunya untuk menjadi seorang pemimpin, kita harus punya visi. Sejarah mengajarkan kepada kita bahwa menjadi pemimpin itu tidak mungkin, bila tanpa visi.Kepemimpinan tanpa visi itu tidak ada. Kalau-pun ada, hanya seolah-olah ada, tidak sejati, tidak sungguh-sungguh ada ( A. Harefa ). Tapi visi itu tidak boleh hanya berupa slogan atau kata-kata indah yang akhirnya menjadi pajangan di dinding tanpa arti. Visi itu harus cukup sederhana, jelas, terukur, menantang, unik, dan ambisius seperti contoh visi ketiga tokoh di atas.

Jadilah pemimpin yang visioner.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

2 Tanggapan to “Pemimpin Yang Visioner”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

Terima kasih untuk artikelnya. Ringan dan membumi.

thank’s, artikel yg sangat inspiratif. semoga indonesia byk mencetak pemimpin yg demikian…seerhana,jelas,terukur,menantang,unik…gbu


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: