Terlalu Cepat Puas

Posted on Januari 20, 2009. Filed under: serba-serbi, tips2kehidupan | Tag:, , |

Anda pasti masih ingat acara kuis Who Wants to be a Millionaire ????….( Acara itu masih ada apa gak ya ??? )Selama acara ditayangkan saya belum pernah menyaksikan ada orang Indonesia yang sampai pada pertanyaan Rp 1 milyar. Beberapa hari yang lalu saya membaca suatu buku bahwa di Cina beberapa orang telah berhasil memperoleh hadiah tersebut. Kenapa bisa demikian ????…

Orang Cina umumnya berani ambil resiko. Buat mereka acara Who Wants to be a Millionaire adalah kesempatan mereka untuk menjadi kaya tanpa modal. Dapat uang Rp 1 milyar tanpa modal adalah rejeki nomplok dan sangat bodoh bila berhenti di tengah jalan. Karena mereka berpikir “ngapain berhenti” padahal kita gak keluar uang sama sekali.
Yang lucunya adalah kadang-kadang mereka tersisih di babak awal tanpa pernah menggunakan alat bantuan satupun ( phone a friend, fifty-fifty, dan satu lagi…saya lupa ) . Bagi mereka alat bantuan itu dipakai untuk pertanyaan-pertanyaan yang terakhir. Bagi mereka memilih satu dari empat jawaban peluangnya tetap 25% kemungkinan menjawab benar, buat mereka sangat layak untuk dicoba.

Beda sekali dengan orang Indonesia…..kalau sudah berada pada titik aman pertama ( Rp 32 juta) , pinginnya berhenti saja. Sayang sekali bagi orang Indonesia untuk mempertaruhkan uang sebanyak itu. Apalagi kalau semua bantuannya sudah terpakai….Pass !!!!! Berhenti dehhhh!!!!!
Dengan uang sebanyak itu orang Indonesia sudah girang bukan main. Dibenaknya dengan uang sebanyak itu udah bisa menyekolahkan anak, jalan-jalan ke Bali ( sekali-kali ke Toraja dong ), buka usaha baru, bagi-bagi ke keluarga dan sebagainya.
Sekali lagi ini adalah masalah attitude. Attitude kita adalah terlalu cepat puas dan tidak berani mengambil resiko. Beda dengan cerita orang Cina di atas, kehilangan 500 juta untuk mendapatkan 1 milyar tidak ada resikonya. Kalau menang ya dapat 1 milyar, kalau kalah ya gak apa-apa.
Kalau kita tidak mengubah attitude ini, maka saya yakin tidak akan ada satu pun orang Indonesia yang berhasil mendapatkan hadiah 1 milyar tersebut…..

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: