Bemo Akan Bangkrut….

Posted on Januari 17, 2009. Filed under: Pengalaman Pribadi, serba-serbi | Tag:, , , , , |

Tulisan ini terinspirasi dari pengalaman saya 2 hari belakangan. Saya “terpaksa” naik angkot pulang pergi kantor karena kesehatan yang tidak memungkinkan untuk mengendarai sepeda motor butut saya. Tulisan ini adalah penilaian subjektif saya jadi mungkin sangat-sangat tidak objektif.

Mengapa Bemo saya prediksi akan bangkrut ?????……

  1. Pelayanannya sangat BURUK….Bayangkan di tengah hujan yang sangat deras, saya disuruh turun untuk ikut dengan bemo yang dibelakangnya. Padahal belum tentu langsung ada bemo di belakang. Jadilah saya berbasah-basah ria menunggu bemo selanjutnya. Ini dilakukan sang sopir karena dia melihat penumpang ke arah yang sebaliknya lebih banyak daripada penumpang yang searah dengan saya. Demi mendapatkan setoran yang lebih banyak, kepentingan penumpang diabaikan. Gara-gara mengejar setoran ini pula, kadang-kadang penumpang yang baru naik ke bemo belum duduk dengan benar, sang sopir sudah tancap gas sehingga membuat semuanya “terguncang”. Penumpang pasti berpikir tidak hanya 2x tapi mungkin sampai berkali-kali untuk naik bemo lagi.
  2. Penampilan fisik bemo yang menakutkan…Saya kira bisa dihitung berapa bemo yang sampai saat ini masih punya mesin yang bagus, kursi yang empuk, kaca mobil yang lengkap, lampu-lampu yang menyala lengkap atau body yang kilap. Saya pikir sangat sedikit. Bagaimana mau mendapatkan penumpang kalau bemonya kayak gitu ???? penumpang berpikir bisa-bisa saya tidak sampai di tujuan karena takut bemonya mogok di pinggir jalan hehe….
  3. Ongkos naik bemo tidak mengikuti “harga pasar”… kalau harga BBM naik otomatis ongkos naik, tapi harga BBM turun ongkosnya tidak ikut turun alias tetap. Ada beberapa alasan mengapa harga ongkos bemo “sulit” diturunkan :

– yang ini dari Seputar Indonesia : Harga BBM cuma berpengaruh 30% terhadap ongkos bemo, sedangkan 70% lainnya dipengaruhi oleh spare part dan pungli.

– yang ini dari sang sopir bemo : “sekarang mendapatkan penumpang sangat sulit karena semua orang dapat membeli sepeda motor kredit dengan cepat dan mudah. Mereka cenderung menyalahkan perusahaan/ dealer sepeda motor yang sepertinya merampas ladang makan mereka”. Jadi kalau ongkos bemo diturunkan…”kami mau makan apa???”kata sang sopir.

Yang jelas kalau sang sopir tidak memperbaiki diri dan tidak memperbaiki bemonya maka siap-siaplah untuk ditinggalkan penumpangnya. Dan kalau itu yang terjadi…kebangkrutan telah menanti.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

3 Tanggapan to “Bemo Akan Bangkrut….”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

Selain itu bemo berisik dan polusi Pak… Hehehe…

kalau masalah berisik dan polusi…hampir semua kendaraan seperti itu Pak Berny

Bagi pemilik bemo seharusnya sabar dan tidak mudah emosi dalam mencari penumpang,dan jangan seenaknya saja menurunkan penumpang, toh penumpang akan mencintai kamu (bemo) bila kalian juga memperhatikan penumpang, ingat kata pepatah tak kenal maka tak sayang, agar kamu tidak bangkrut dan ditinggalkan penumpang setia kamu, sadarlah wahai supir2 bemooooooonyong


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

