Bersyukur Atas Pekerjaan

Posted on Januari 4, 2009. Filed under: kerja |

Pernahkah anda berpikir bahwa hidup ini penuh dengan misteri? Penuh dengan keajaiban-keajaiban, penuh dengan kejutan-kejutan yang tidak pernah anda duga sebelumnya. Penuh dengan hal-hal yang secara akal dan pikiran tidak bisa kita mengerti sepenuhnya. Contoh yang paling sederhana : Mengapa kita bisa lahir di dunia ini ? Kalau kita belajar ilmu biologi, puluhan juta sperma disemprotkan setiap kali laki-laki berhubungan intim dengan seorang perempuan, tetapi yang bisa “jadi” hanya satu sperma dari puluhan juta sperma yang punya kualitas sama. Teori stastitik tidak berlaku di sini. Ilmu kedokteran pun tidak bisa menjawab mengapa hanya bisa satu sperma membuahi sel telur dan yang lainnya tersisih. Ajaib. Itulah misteri kehidupan. Kita bisa menjawab misteri ini kalau kita kembali pada konsep anugerah. Hanya anugerah Tuhanlah yang membuat satu sperma bisa membuahi sel telur, masuk, berkembang dalam rahim dan akhirnya melahirkan  kita.

Begitu juga dengan pekerjaan. Pekerjaan adalah anugerah Tuhan bagi kita. Dasar pemikirannya bahwa Tuhan sudah melahirkan kita dengan anugerahNya yang luar biasa. Maka pasti Tuhan akan memelihara kita sepanjang hidup kita. Tuhan tidak akan membiarkan kita hidup menderita. Tuhan akan selalu datang dan hadir bersama kita dahulu, kini, dan masa yang akan datang. Sehingga kita bisa merasa tenang dalam menjalani dalam hidup ini  karena apa yang kita butuhkan akan disediakan oleh-Nya. Salah satunya dengan menganugerahkan pekerjaan kepada kita.

Tetapi pertanyaaan sekarang, kenapa masih banyak pengangguran?????di mana anugerah pekerjaan itu??? Sebenarnya terdapat banyak sekali pekerjaan asal mau bekerja sehingga tak perlu harus menganggur. Banyak orang berpendapat bahwa mencari pekerjaan susah karena lapangan kerja yang tersedia sangat terbatas. Namun yang dimaksudkan adalah sulitnya mencari pekerjaan formal di instansi-instansi tertentu yang resmi  sesuai dengan selera, keinginan, dan gengsi si pencari kerja. Memang pekerjaan seperti ini sangat sulit untuk diperoleh karena peminatnya sangat banyak tetapi kesempatannya sangat sedikit.

Sebenarnya banyak sekali pekerjaan yang sifatnya mungkin non formal, tidak melecehkan harkat dan martabat, pendapatannya tidak rendah tetapi justru kadang-kadang jauh lebih tinggi dari pekerjaan yang sifatnya formal. Tapi yang terjadi adalah orang tidak mau mengerjakannya, sekali lagi karena terbentur pada selera, keinginan, dan gengsi orang tersebut. Maka terjadilah pengangguran.Salah satu bidang kerja non formal saat ini yang sangat diminati adalah kerja online. Sangat banyak macamnya, online store, menjadi penulis di web atau blog, dan sebagainya. Salah satu contoh suksesnya adalah teman saya.

Ada beberapa alasan mengapa pekerjaan yang kita dapatkan harus kita syukuri :

  1. Seperti sudah ditulis di atas, pekerjaan adalah anugerah Tuhan bagi kita. Lewat pekerjaan Tuhan memelihara hidup kita. Walaupun tidak harus mewah tetapi itu sudah mencukupi kebutuhan kita. Makanya pekerjaan itu patutlah kita syukuri.
  2. Disamping gaji yang kita peroleh tiap bulan, biasanya dalam pekerjaan kita banyak mendapat faktor-faktor plus, sepertinya misalnya jabatan, posisi yang terhormat, fasilitas-fasilitas fisik seperti sepeda motor, mobil, dan sebagainya. Di samping itu juga, kadang-kadang perusahaan ingin meningkatkan kualitas karyawannya dengan menyekolahkan karyawannya, memberi training-training yang dapat membawa karyawan ke tingkat atau ke suatu posisi yang lebih tinggi. Kita harus bersyukur dengan semua itu.
  3. Kepintaran dan keahlian yang kita pakai dalam bekerja sesungguhnya juga adalah anugerah Tuhan bagi kita. Setiap orang dilahirkan punya talenta, punya bakat yang diberikan Tuhan. Talenta dan bakat ini yang menjadi dasar keahlian yang salah satunya kita pakai dalam bekerja.

Karena pekerjaan adalah anugerah maka kita harus bekerja dengan tulus penuh rasa syukur.

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Bersyukur Atas Pekerjaan”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

bersyukur bentuk keikhlasan menerima apa yang sudah diterima dan menikmatinya.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: