Bahaya Krisis Mengancam

Posted on Desember 16, 2008. Filed under: serba-serbi | Tag:, , , |

Minggu terakhir kemarin saya mendapat banyak berita buruk. Khususnya berita-berita mengenai pengaruh krisis ekonomi global yang efeknya hampir dirasakan oleh semua negara.Mulai dari berita yang saya dapat dari mulut ke mulut ataupun dari berbagai media yang sempat saya lihat dan baca. Dari media misalnya, tiga perusahaan otomotif Amerika ( General Motor, Ford, dan Chrysler ) terancam bangkrut apabila tidak mendapat dana talangan dari pemerintah, produsen mobil dan motor Honda mundur dari keikutsertaan dari Formula 1 ( F1 ) karena kesulitan likuiditas akibat penjualan mobil yang merosot tajam, dan juga berita tentang beberapa perusahaan media di Amerika yang sudah menutup usahanya akibat pendapatan yang semakin menurun dibanding utang yang sangat besar yang harus dibayar.

            Berita dari mulut ke mulut yang efeknya bisa langsung yang saya rasakan dan mungkin suatu saat bisa saja alami: Pertama, ( berita dari mak saya )…Perusahaan tempat bapak saya bekerja dulu ( sekarang udah pensiun ) terancam kolaps karena harga produknya terus jatuh tidak sebanding dengan biaya produksi yang justru semakin tinggi. Sekarang ada wacana untuk merumahkan karyawan tetap dan memutus di tengah jalan  karyawan yang terikat kontrak / bukan karyawan tetap. Kedua ( berita dari rekan kerja saya ), perusahaan akhir-akhir ini merugi karena harga-harga barang ( produk ) terus turun ditambah dengan efek  nilai rupiah yang terus melemah terhadap dollar Amerika, sehingga ada ancaman bahaya perampingan ( bahasa halusnya PHK ) terhadap karyawan. Yang  ketiga ( berita dari teman kost saya ), teman saya ini lagi dag-dig-dug menunggu siapa lagi yang akan di PHK di kantornya karena minggu kemarin sudah tiga kawan yang dikeluarkan.

            Waaooow, ternyata bahaya krisis global telah mengancam, tidak hanya menjadi wacana atau sekedar berita di surat kabar atau televisi tapi sudah benar-benar ada di depan mata. Lalu yang apa yang bisa kita lakukan, khususnya bagi kita yang cuma karyawan ???? …Mungkin salah satu cara yang  dilakukan ( mengutip saran dari rekan kerja di atas ), mungkin abstrak namun masuk akal, BERDOA semoga krisis ini cepat berakhir. BERDOA semoga para pemilik perusahaan bisa bijaksana dalam mengambil keputusan. Tentu saya tidak menyarankan kita cuma berdoa sedangkan kerjanya asal-asalan, boros dan sebagainya. Tapi berdoa dan terus bekerja dengan efektif efisien. Ora Et Labora. Dan satu lagi yang penting….SEMANGAT !!!!!!

             

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

3 Tanggapan to “Bahaya Krisis Mengancam”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

Semoga semua ini segera berakhir

toyota juga sudah menyatakan mundur dari reli dunia WRC loh…saya baca beritanya di kompas hari ini…

krisis akan memberikan koreksi pada sistem yang sudah ada, moga2 cepet kelar.


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

