Kekuatan Judul

Posted on Desember 7, 2008. Filed under: komputer, Pengalaman Pribadi | Tag:, , , , , |

Kalau kita ke toko buku maka pasti kita melihat bemacam-macam jenis buku ( ya iyalah…masak ke toko buku untuk lihat sembako hehe..) dengan judul yang bermacam-macam pula. Lalu apa yang pertama kali menarik perhatian anda pada waktu melihat bermacam-macam buku tersebut???…Apakah jenis bukunya, pengarangnya, sampulnya, ataukah judul bukunya ???…

Kalau anda seorang profesional, maka pasti jenis buku yang sesuai dengan profesi anda yang akan menarik perhatian anda. Atau kalau anda senang membaca novel atau komik maka jenis buku yang demikian yang akan anda cari. Atau anda “ngefans” pada seorang penulis tertentu maka nama penulis atau pengarang tersebut yang pasti pertama kali anda cari.

Tapi berdasarkan pengalaman saya, biasanya yang pertama kali menarik perhatian para pembaca adalah sampul dan judul bukunya. Di samping unsur-unsur lain seperti jenis buku, pengarang, isi buku, teks promosinya, endorsement, ataupun tampilan fisik buku yang berpotensi menarik perhatian pembaca. Sampul dan judul buku bisa menjadi semacam iklan bagi buku tersebut. Atau bisa dikatakan sampul dan judul menjadi pembuka bagi tindakan-tindakan berikutnya.

Setelah orang tertarik pada sampul dan judul bukunya, pasti akan dilanjutkan dengan membuka-buka daftar isi buku, mencari tahu siapa pengarangnya, melihat harganya, dan akhirnya membeli buku itu,

Dari pengalaman saya sendiri, judul-judul yang lebih menarik perhatian saya adalah judul yang mengandung ciri-ciri tertentu dibanding dengan judul buku yang sifatnya formal dan biasa saja. Kalau bisa dikatakan isi buku adalah produknya maka judul buku adalah iklan bagi produk ( isi buku ) tersebut.

Nah, kalau demikian, ciri-ciri judul yang bagaimana yang bisa menarik perhatian orang termasuk saya tentunya hehe..???

  1. Kontroversial. Judul yang seperti ini selalu mengandung pro dang kontra sehingga selalu mampu menarik perhatian. Mengandung sesuatu yang sensasional dan kadang-kadang berlebihan. Contoh : Kalau Mau Kaya Ngapain Sekolah, Buka Usaha Nggak Kaya ? Percuma…!Wajah Sebuah Vagina, dll.
  2. Unik. Sesuatu yang unik pasti bisa menarik perhatian orang dibanding dengan yang biasa. Contoh : Kampus Fresh Chicken, Siapa Bilang jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya, dll.
  3. Mengandung Rahasia. Sesuatu yang rahasia selalu mengundang keingintahuan orang. Contoh : Jakarta Undercover, IPDN UnderCover, Menguak Rahasia CIA, dll
  4. Buku-Buku “How To” atau buku yang ingin menjawab persoalan. Contoh : Resep Cespleng Menulis Buku Best Seller , Agar Cinta bersemi Indah,dll.

Jadi kalau anda ingin menjadi seorang penulis buku, jangan sepelekan judul buku anda. Ingat judul punya kekuatan…( Saya sendiri bukanlah penulis tapi hanya pembaca buku hehe.. )

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Kekuatan Judul”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

om, pernah ngebahas tentang kekuatan judul blog g? bahas donk, ntar aku kopi wis…haha

tukeran link donk


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: