LOVING THE JOB YOU HAVE….FINDING A JOB YOU LOVE

Posted on November 23, 2008. Filed under: kerja | Tag:, , , , , , |

stress-4Apakah anda sudah mencintai pekerjaan anda sekarang????… atau belum ??? sehingga anda masih terus mencari pekerjaan yang anda cintai ???…OK, mungkin anda saat ini tidak mencintai pekerjaan anda karena memang pekerjaan itu bukan pekerjaan yang anda inginkan, atau karena suasana kerja yang tidak kondusif, atau perjalanan dari rumah ke kantor yang sangat jauh, macet sehingga membuat anda marah dan kecewa. Tapi dibalik ketidakcintaan anda terhadap pekerjaan pasti ada minimal satu hal yang anda cintai dari pekerjaan itu. Ingat..”selalu ada hal positif dari segala hal”Mungkin karena gajinya yang memuaskan atau di pekerjaan itu anda punya kesempatan untuk bertemu banyak orang sehingga setiap harinya anda selalu punya kesempatan untuk dapat hal-hal baru, atau mungkin di tempat pekerjaan justru anda menemukan orang yang anda cintai sehingga anda “terpaksa” ikut-ikutan mencintai pekerjaan anda hehe….

            Kalau saya sendiri ditanyai..apakah saya mencintai pekerjaan saya sekarang????? Saya selalu mengingat bahwa “ dalam segala hal pasti ada sesuatu hal yang positif “ Kalau mau jujur, pekerjaan yang geluti bukanlah pekerjaan yang saya inginkan.  Pekerjaan saya sekarang jauh dari cita-cita saya. Walaupun cita-cita ( saya lebih senang menyebutnya impian” ) saya juga selalu berubah hehe…tapi sama sekali tidak terpikirkan untuk mendapat pekerjaan seperti sekarang.

           Waktu kecil dulu saya selalu memimpikan untuk menjadi seorang reporter televisi khususnya reporter olahraga. Impian ini didorong karena sering melihat tayangan-tayangan olahraga dari luar negeri yang reporternya ada orang Indonesia, selain itu saya juga hobby mengikuti berita-berita olahraga bukan hobby berolahraga hehe...dalam benak saya waktu itu “enak banget ya reporter-reporter itu, bisa ke mana-mana, bisa ke luar negeri, bisa jadi saksi mata langsung peristiwa-peristiwa besar dunia, dan satu lagi…mereka  bisa ke mana-mana pasti tidak pake’ uang mereka sendiri, tapi semua ditanggung oleh kantor atau perusahaan yang menugaskan mereka. Bisa melanglang buana…GRATIS !!!!

              Setelah masuk jenjang sekolah menengah, impian saya berubah lagi. Kegemaran saya membaca mendapat ruang di sini. Kebetulan saya tinggal di asrama ( dormitory ) yang  punya perpustakaan yang  lumayan lengkap buku-bukunya, tiap hari langganan koran nasional dan lokal sehingga saya bisa menyalurkan kegemaran membaca saya. Di sekitar dormitory juga banyak berdiri persewaan-persewaan buku sehingga saya bebas memilih buku yang senangi mulai dari yang bermanfaat sampai buku-buku yang menulis yang tidak-tidak..( u know lah ) . Saya bermimpi suatu saat saya tidak hanya melulu membaca karya orang lain, tapi saya bermimpi suatu saat tulisan atau buku saya dibaca juga orang lain. Saya bermimpi menjadi penulis…Mimpi inilah yang masih terus membekas sampai sekarang…Internet dan blog telah membantu saya mewujudkan mimpi itu. Tapi saya masihlah masuk kategori “anak kemarin sore”. Saya belum bisa mendapatkan recehan dollar dari pekerjaan ini, tapi saya terus belajar dan bekerja keras untuk menjadi lebih baik sehingga suatu saat pekerjaan ini bisa menjadi sandaran hidup ( Amin ) seperti dialami teman saya. Alangkah bahagianya punya pekerjaan yang diimpikan!!!!!

              Eeeeh…kembali lagi ke pertanyaan di atas ?? kok sampai “ngalor-ngidul” ngomongin mimpi-mimpi. Apakah saya mencintai pekerjaan saya sekarang ????Jawaban saya adalah “YA”. Ada beberapa hal yang membuat saya jatuh cinta pada pekerjaan saya sekarang :

  1. Perusahaan saya ( perusahaan tempat saya bekerja maksudnya )adalah perusahaan yang punya visi sangat bagus dan jauh ke depan. Tidak hanya memikirkan keuntungan sesaat tapi memikirkan bagaimana mendapatkan  profit yang “sustainable” alias berkesinambungan.
  2. Untuk mendapatkan profit yang “sustainable” itu, perusahaan ini terus belajar memperbaiki proses dan sistem manajemennya. Dan tentu yang terkena imbasnya adalah karyawannya. Karyawan dituntut untuk terus belajar dan akhirnya karyawannya menjadi pintar-pintar semua. Termasuk saya hehe….
  3. Karena pintar-pintar, maka nilai jual karyawannya pun tinggi. Kalau nilai jual tinggi maka perusahaan pun membayar karyawan  dengan gaji tinggi hehe….ujung-ujung ya…duit hehe.. Salah perusahaan sendiri kan????mengapa membuat karyawannya menjadi pintar-pintar!!!Lalu apakah gaji saya tinggi???? Pertanyaan yang sulit dan dilematis. Kalau saya menjawab tinggi, bisa-bisa saya dicap sombong atau bisa-bisa menimbulkan kecemburuan di antara sesama karyawan. Kalau saya jawab rendah…bisa-bisa perusahaan yang marah sama saya…mau minta gaji berapa lagi ????? ya kan. Tinggi-rendahnya gaji sangat realtif sifatnya. Yang pasti dengan gaji itu, saya bisa membiayai  adik saya yang masih kuliah, saya bisa beli “mesin” untuk menulis  tulisan ini, dan satu lagi…saya bisa membiayai tarif “ngenet” saya yang rata-rata 2-3 jam sehari.
  4. Yang terakhir dan sebenarnya yang paling utama…saya selalu MENGUCAP SYUKUR dengan apa yang saya dapatkan ( sekali-kali rohani lah hehe). Saya berusaha untuk tidak mengeluh walaupun secara tidak sadar saya sering melakukannya. Kata Dahlan Iskan ( CEO Jawa Pos ) “ Mengeluh itu tidak cerdas”. Berarti orang yang tidak suka mengeluh adalah orang yang cerdas. Saya “pingin” jadi orang yang cerdas…..

GBU…

             

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

3 Tanggapan to “LOVING THE JOB YOU HAVE….FINDING A JOB YOU LOVE”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

[…] terang saya sangat senang waktu baca tulisan kawan yang mendaulat saya sebagai orang yang bahagia dipekerjaannya. Saya sendiri terus berusaha untuk tetap bersyukur pada Yang punya jagad raya ini atas segala rizki […]

Membaca beberapa tulisan dan pandangan Anda, saya yakin suatu saat Anda bisa menjadi orang yang sukses. Tetaplah menulis! GBU.

Terimakasih Pak Berny udah mampir di blog saya…


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

