Panas Oh..Panas !!!

Posted on November 15, 2008. Filed under: serba-serbi | Tag:, , , , , , |

Beberapa minggu belakangan Surabaya sepertinya makin panas. Walaupun beberapa hari inimatahari hujan sudah mulai mengguyur. Tapi walaupun hujan sudah turun, panas tetap saja masih terasa. Di luar maupun di dalam ruangan sama saja panasnya . Sehingga membuat orang-orang yang aktivitasnya di luar ruangan marah-marah karena takut kulitnya yang sudah hitam makin gelap. Yang di dalam ruangan juga emosinya cepat panas dan bawaannya marah-marah melulu.

            Apakah anda marah karena panas ???? Kalau anda marah karena menyalahkan panas…benarkah panasnya yang salah atau reaksi anda yang salah. Panas ya tetaplah panas. Hakikatnya memang dan tetap seperti itu, tidak pernah berubah. Misalkan anda lagi bosan di rumah. Dan anda ingin mencari hiburan di luar. Maka pasti anda menginginkan suasana yang cerah ( baca : panas ), bukan ??? Suasana panas seperti inilah yang anda cari. Tetapi tiba-tiba hujan turun dengan derasnya sehingga mengakibatkan anda tidak jadi keluar, apakah anda juga akan menyalahkan hujan?????

            Hakikat panas tetaplah sama. Panas yang membuat anda marah-marah karena takut kulit anda hitam adalah panas yang sama dengan panas yang membuat anda senang karena bisa membuat anda ke mana-mana. Panas, hujan  atau realitas tidak pernah bermasalah. Hujan ya hujan, panas ya panas, siang ya siang, malam ya malam. Kalau semua itu menjadi masalah buat Anda, membuat Anda marah-marah, sesungguhnya diri Andalah yang bermasalah. Karena ketika Anda marah-marah terhadap hujan, panas, siang, atau malam, Ada banyak manusia lain yang sesungguhnya malah bergembira dengan datangnya , panas, hujan,  siang atau pun malam.

            Itulah realitas. Realitas itu netral dan tidak mengandung masalah apa-apa. Yang menjadi masalah adalah reaksi dan cara pandang kita terhadap realita tersebut. Sering kita memandang realita sesuai dengan keinginan kita. Kalau akhirnya realita itu tidak sesuai dengan keinginan kita, maka marah-marahlah kita. Padahal realita itu tidak pernah bisa kita ubah. Panas ya seperti itu, Hujan ya seperti itu, siang malam ya seperti itu, matahari, bulan, dan bintang ya seperti itu. Kita tidak bisa mengubahnya. Terlepas anda suka atau tidak terhadap realitas itu. Kalau anda suka, ya “mereka” tetap seperti itu, kalau anda tidak suka, ya tetap “mereka” seperti itu. Perbedaannya, kalau anda tidak suka maka hidup akan menderita.

            Jadi bukan realitaslah yang membuat anda marah-marah dan menderita. Tapi ketidaksukaan dan kebencianlah yang menimbulkan penderitaan dalam hidup anda. GBU….

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Panas Oh..Panas !!!”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: