Pesta Puasa ……

Posted on September 19, 2008. Filed under: Rohani | Tag:, , , |

Apa sih hakikat puasa itu ?….setahu saya puasa adalah sarana untuk mengendalikan hawa nafsu. Dalam puasa manusia dididik untuk bisa melawan musuh paling besar yaitu diri sendiri, dilatih menahan makan dan rasa lapar. Kita diajarkan untuk berlaku prihatin dan karenanya yang perlu dikedepankan adalah hidup dengan penuh kesederhanaan…. .dan saya pikir semua agama  mengamini hal ini….

Tapi apa yang terjadi sekarang ????? Puasa diartikan dengan baju baru, handphone baru, mobil baru, dan semua yang serba baru……mungkin juga istri atau suami baru hehe…!!!!!! Semua berlomba-lomba untuk mendapatkan barang yang diinginkan untuk memuaskan hawa nafsunya. Mall-mall penuh dengan pengunjung disertai trolly yang penuh barang belanjaan. Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu-tunggu bukan karena aspek spritualnya tapi justru karena aspek duniawinya. Tidak heran memang !!!!Karena pada bulan seperti ini hampir setiap orang yang bekerja mendapat pendapatan tambahan berupa tunjangan hari raya ( THR )….Dan perilaku manusia semakin jauh dari hakikat puasa_ kesederhanaan_ tapi yang ditonjolkan adalah hidup dengan dengan kemewahan….dan lupa akan saudara-saudara kita yang demi mendapatkan selembar Rp 20.000-an harus kehilangan nyawanya. Puasa tidak lebih dari mengubah jadwal makan…makan siang menjadi makan malam atau makan siang menjadi makan dini hari.  

Puasa dijadikan ajang berpesta…bukan pesta karena mendapatkan pahala dari Tuhan tapi pesta karena mendapatkan semua hal baru tapi minus hati dan pikiran baru….

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: