Diprotes karena Kidal….

Posted on Agustus 12, 2008. Filed under: Pengalaman Pribadi | Tag:, , , , , , , , , |

Saya tidak tahu mulai kapan saya mulai dominan memakai tangan kiri saya….makan dengan tangan kiri, mengangkat sesuatu dengan tangan kiri ( mengangkat wanita tidak masuk dalam hal ini, karena mengangkat wanita harus dengan 2 tangan hehe…), memegang raket/bed bulutangkis/tenis meja, menendang bola dengan kaki  kiri…Tidak tahu juga sudah berapa banyak orang yang protes karena saya menggunakan tangan kiri, termasuk orang tua saya.. tapi mereka cuma menekankan agar bisa menulis dengan tangan kanan, dan ternyata itu berhasil…saya sekarang menulis dengan tangan kanan. Tapi untuk kegiatan yang lain, saya tetap kidal. Apalagi waktu saya menuntut ilmu di bangku kuliah….Tuhan waktu itu memberi saya berkat untuk kuliah di Jawa….yang katanya terkenal dengan sopan santun dan tata kramanya…Saya diprotes berulang kali…..

Protes yang selalu saya ingat adalah protes dari bagian pegawai administrasi jurusan…tidak sengaja karena tangan kanan saya lagi memegang buku, saya menyodorkan lembar pembayaran dengan tangan kiri…sang pegawai langsung naik darah….nanya suku dan ras segala…”kamu bukan orang jawa ya?”tidak tahu sopan santun sekali”…”bukan pak” saya orang Toraja” jawab saya…pegawai tadi langsung meyelesaikan lembaran saya dengan muka masam….Setelah itu saya minta maaf….tapi seharusnya dia tidak usah menanyakan nama suku segala.. “pingin tonjok hidungnya saja”…Saya juga pernah diprotes sama teman yang baru saya kenal di kegiatan Kuliah Kerja Nyata…waktu itu saya mengambil makanan dengan tangan kiri…”tidak sopan bangeeet”katanya….Lagi-lagi saya cuma meminta maaf saja hehe…..beberapa waktu lalu main tenis meja dengan tangan kiri…diprotes juga karena saya dianggap memandang enteng lawan hehe….dan yang terakhir, saya diprotes orangtua pacar saya karena makan dengan tangan kiri hehe….( untuk yang terakhir diterima lapang dada, karena kalau tidak…bisa-bisa anaknya lepas hehe…)

Saya bertanya-tanya kenapa tangan kiri selalu diidentikkan dengan tangan kotor sedangkan tangan kanan diidentikkan dengan tangan manis….????Mungkin  karena tangan kiri dipakai untuk membersihkan yang kotor – kotor saja, seperti maaf “cebok” misalnya….kalau demikian sepertinya tidak adil…mengapa ????karena tangan kanan justru  lebih banyak  dipakai untuk hal-hal kotor…misalnya….Menerima uang haram dengan tangan kanan, menampar orang dengan dengan tangan kanan, mengacungkan jari tengah sambil berteriak f…u…dengan tangan kanan, dan tak lupa…masturbasi dengan tangan kanan hehe…… 

Mengapa kita berpikir menggunakan tangan kiri itu tidak sopan…sedangkan kalau kita menerima uang haram atau  menampar orang lain dengan tangan kanan…kita tidak malu. Kita mungkin harus selalu melihat latar belakang seseorang sebelum memberi penilaian. Kita perlu mengerti budaya mereka….Kalau kita lihat budaya barat….mereka menulis, makan, mengangkat tangan, bahkan berjabat tangan dengan tangan kiri…di sana tidak ada protes karena memang budayanya seperti itu. Begitu pun budaya keluarga saya….yang penting menulis, memberi, menerima sesuatu, berjabat tangan dengan orang lain harus pakai tangan kanan….selain itu saya tidak pernah dipaksakan untuk menggunakan tangan kanan. Saya dan adik saya makan dan bekerja dominan menggunakan tangan kiri.

Lagi pula, orang kidal bukanlah orang yang cacat….tapi terjadi karena dominasi fungsi salah satu otak. Orang kidal banyak dipengaruhi oleh fungsi otak sebelah kanan, sebaliknya orang kadal dipengaruhi oleh fungsi otak sebelah kiri….tidak usah dipaksakan karena justru membuat tidak nyaman….tapi memang perlu untuk selalu menyesuaikan diri dengan budaya dimana kita berada….

GBU…

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

8 Tanggapan to “Diprotes karena Kidal….”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

kidal ok, anak saya melakukan semuanya hampir dengan tangan kiri dan saya ijinkan kecuali sedang makan atau memasukkan makan/minum ke mulut harus tangan kanan.
sering sih dimarahi mbahnya yang orang jawa, tapi sering saya bela. khan tidak ada aturan harus pakai tangan kanan dalam melakukan sesuatu kecuali makan.

yang disebut sopan itu seperti apa sih.
apa manggil dosen/atasan dengan lambaian tangan kanan itu sopan dibanding dengan lambaian tangan kiri?

Salam sesama kidal, jaman kecil satu satunya yang dipuji oleh guru hanya ketika saya ngupil pake tangan kiri…”naaa udah pinter sekarang…”

Banyak temen kidal yang ngeblog seperti siwi (missfortynine), sandynata, titov, WS…

gw mau nanya, ada ngga pulpen yg khusus untuk orang kidal? klo tau, merknya apa?
gw mau kasih buat dosen tugas akhir gw
thx

aku jga kidal makan pke tangan kiri /minum.
nulis pke tangan kiri?waktu aku baru daftar di SMP aku di ketawain sama teman2….tpi biarin ajh….dan…aku juga pernah di marahain ama guru, klau makan pke tangan kanan jgn pke tangan kiri…aku trus belajar pke tangan kanan tpi hasilnya 0….kadang aku sering nangis di kamar …krn dh…terlanjur aku tangal kidal…tpi aku masih bersyukur ma Allah.. krn alhamdullilah aku ng cacad….Amin….

aku jga kidal makan pke tangan kiri /minum.
nulis pke tangan kiri?waktu aku baru daftar di SMP aku di ketawain sama teman2….tpi biarin ajh….dan…aku juga pernah di marahain ama guru, klau makan pke tangan kanan jgn pke tangan kiri…aku trus belajar pke tangan kanan tpi hasilnya 0….kadang aku sering nangis di kamar …krn dh…terlanjur aku tangan kidal…tpi aku masih bersyukur ma Allah.. krn alhamdullilah aku ng cacad….Amin….

wahh kebetulan liuya toraya dukana n kidal dukana mentu’ apa kujama pake lima kiri kecuali cebo’ natole kiri duka kupake ma’ raga

AKU KIDAL TAPI NYANTAI AJA SHALAT YA SHALAT AKU SIH TIDAK TERLALU MEMPERMASALAHKAN TENTANG KEKIDALAN SAYA ITUKAN HAK ANDA BUKAN HAK ORANG LAIN YANG LARANG EMANGNYA KAMU EMAK GUE KAN GITU AJA😀


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

