Mengapa Kejahatan makin KEJAM????..

Posted on Agustus 5, 2008. Filed under: sospol | Tag:, , , , |

Akhir-akhir ini kita banyak  dijejali dengan berita-berita kriminal atau berita-berita tentang kejahatan manusia terhadap sesamanya. Tentu yang paling heboh adalah berita pembunuhan “Si jagal Jombang ” Ryan yang dengan tega membunuh lebih dari 10 korbannya dan bahkan ada yang dimutilasi. Tidak hanya tentang Ryan saja…tetapi yang lain juga. Ada mayat yang ditemukan dalam koper yang diduga pada waktu dibuang ke dalam koper korban masih hidup. Ada juga mayat ditemukan di hotel yang tidak hanya dicabut nyawanya tetapi juga dipotong-potong…mengerikan….dan yang terakhir berita terbunuhnya mantan petinggi departemen keuangan yang dibunuh bersama isteri dan pembantunyanya dan yang melakukannya adalah petugas keamanan di lingkungan rumah korban. Korban yang sudah lanjut usia juga tidak hanya dibunuh tetapi juga dicincang…dan yang paling baru diceritakan oleh rekan kerja saya, maling motor membacok korbannya sampai tewas di daerah rumahnya Petemon Surabaya. Bagaimana kita mengartikan semua ini??????Mengapa kejahatan semakin kejam?????

Ada beberapa faktor yang membuat kejahatan yang semakin kejam bisa terjadi ????

  • Faktor ekonomi…sangat masuk akal jika faktor ini menyebabkan orang semakin sulit dalam menjalani kehidupan…demi mempertahankan hidup orang berani untuk berbuat apa saja, merampok bahkan membunuh korbannya. Alasannya macam-macam jika para pelaku ini ditanya mengapa melakukan hal tersebut…untuk biaya anak berobat, biaya sekolah, membayar utang, dan bahkan untuk biaya perkawinan pun mereka rela berbuat kriminal.Kalau ditarik kesimpulan tentang alasan tersebut… pada dasarnya adalah ketidakmampuan mereka untuk merencanakan dan mengelola kehidupan.Di samping memang karena biaya hidup yang semakin mahal.
  • Faktor Pengaruh media…. menyalahkan hanya faktor ekonomi juga sudah tidak relevan saat ini…kita melihat, membaca dan menyaksikan tayangan kekerasan dan kejahatan lewat media. media cetak maupun televisi menyajikan berita kejahatan secara vulgar tanpa sensor. Ini adalah salah satu efek kebebasan menyajikan dan memperoleh informasi. Dan ini langsung ataupun tidak langsung berpengaruh pada masyarakat. Masyarakat mendemonstrasikan apa yang mereka baca dan mereka tonton. Kita pasti masih ingat tentang  berita “Smack Down”…tayangan televisi/ media  jelas-jelas memberi efek nyata terhadap kehidupan masyarakat yang mengkonsumsinya.
  • Dua hal di atas mungkin adalah faktor di luar diri kita sebagai manusia…Dari dalam diri manusia sendiri,  bagaimana faktor penghargaan dan kepekaan terhadap orang lain sudah tidak ada. Rasa kemanusiaannya sudah hilang…sehingga tanpa banyak pikir para pelaku kejahatan tersebut melakukan aksinya membunuh sesamanya bahkan anak dan anggota keluarganya.

Yang paling penting sekarang adalah bagaimana kita  mengelola dan merencanakan kehidupan ekonomi kita. Bagaimana kita  menentukan apa yang layak kita baca, kita tonton dan sebagainya. Juga bagaimana kita menjaga hubungan dengan “Sang Pemberi Nyawa”. Tidak lupa bagaimana aparat hukum bekerja keras menegakkan keadilan……

GBU All….

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: