Apakah Saya Seorang Insinyur?????

Posted on Juli 20, 2008. Filed under: Pengalaman Pribadi | Tag:, , , |

Jangan pernah mengaku seorang insinyur jika tidak punya kemampuan dan pengalaman merancang karya teknologi….( Alm. Said Jenie )

Hati dan pikiran tersentak dan tergugah setelah membaca kutipan di atas….Langsung muncul pertanyaan seperti judul tulisan ini..“apakah saya seorang insinyur????” Jika melihat syarat di atas maka sangat jelas bahwa saya bukanlah seorang insinyur….Walaupun saya sendiri adalah lulusan jurusan teknik dari salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya. Di Ijazah saya, belakang namanya tertulis dengan jelas gelar “ST”…( Sarjana Tukang tipu…heheh..)….tapi kalau merunut syarat di atas….insinyur…sepertinya jauh bangeeettt….Jangankan merancang suatu karya baru….memodifikasi  karya yang sudah ada  pun sulitnya minta ampun. Untung masih ada yang bisa dibanggakan, saya mengerjakan skripsi dan tugas akhir dengan keringat sendiri….tidak seperti teman-temanku yang hanya tahu skripsinya sudah jadi karena dikerjakan orang lain…dan parahnya ada teman yang  tidak malu-malu mengaku bahwa skripsinya dikerjakan orang lain. Dengan bangga memamerkan nilai A yang dia peroleh walaupun itu hasil pikiran orang lain…Saya tidak tahu apakah itu bentuk pengakuan dosa atau memang orang sekarang sudah tidak punya urat malu lagi…ahh entahlah!!!!! 

Itulah sebabnya mengapa saya tidak pernah memakai gelar sarjana saya di belakang nama saya. Saya cuma memakai gelar itu untuk melamar pekerjaan tapi itu tidak menunjukkan bahwa saya ahli atau ekspert di bidang itu. Itu hanya menunjukkan bahwa saya pernah merasakan duduk manis di kursi  perguruan tinggi dan untuk memenuhi syarat berkas lowongan pekerjaan….tidak seperti orang lain yang dengan bangga memakai gelar kesarjanaannya walaupun tidak pada tempatnya…Masak gelar kesarjanaan dipakai di undangan pernikahan….2  hal yang tidak ada hubungannya sama sekali… ( saya sendiri belum kawin hehe…..) 

Saya jadi ingat suatu petikan kalimat ” Lebih baik kelihatan seperti anak kecil tapi cara berpikir seperti doktor, daripada kelihatan seperti doktor tapi cara berpikir dan perilakunya seperti anak kecil”

GBU all…..baca juga TULISAN yang berhubungan di SINI

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

