Gelar Akademik dan Undangan Pernikahan….

Posted on Juni 24, 2008. Filed under: Pengalaman Pribadi | Tag:, , , |

” Apa hubungan antara gelar akademik ( SE, ST, S.Kom, S Teleeeer hehe…) dan undangan pernikahan????”. Pertanyaan itu langsung muncul ketika membaca undangan pernikahan kakak tertua saya…seperti inišŸ˜¦ langsung namanya aja…soalnya kata-kata lainnya udah lupa….)

Lily Goan Sundun Tiku SE,

dengan

Mathius Ronting Datuan S.Kom,


Seperti sudah menjadi kebiasaan di masyarakat kita untuk selalu mengikuti tren yang sedang berlaku tanpa memperhatikan relevansi dengan kondisi sebenarnya… seperti undangan pernikahan kakak saya di atas. Tapi Saya tidak bisa menyalahkan kakak atau keluarga yang membuat undangan tersebut. Bisa-bisa saya dicap sok tahu, sok berpendidikan, karena saya juga bisa sekolah dan bisa baca, menulis seperti ini karena mereka juga…Saya bisa mengerti mereka karena mereka jauh dari pusat informasi…jangankan buka internet, baca koran bahkan nonton televisi aja jarang walaupun di rumah pakai televisi berlangganan/berbayar ( khusus untuk ortu )….

Menurut Afatih, gelar akademik hanyalah menunjukkan bahwa kita sudah menyelesaikan suatu studi tertentu. jadi mengapa kita harus menggunakan gelar akademik itu pada hal-hal yang sebenarnya tidak memerlukan gelar tersebut…Kalau kakak saya melamar suatu pekerjaan misalnya di bidang IT maka dia pantas menggunakan gelar S.Kom-nya di belakang namanya atau kakak ipar saya ingin melamar jadi seorang acconting maka dia bisa memakai gelar SE-nya. Tapi di undangan pernikahan mereka sebenarnya tidak perlu mencantumkan gelar itu….Banyak hal-hal lain yang biasanya orang mencantumkan gelar akademiknya meski tidak ada relevansinya misalnyašŸ˜¦ susunan kepanitiaan suatu acara, tiket-tiket perjalanan, dsbnya….)

Lagipula gelar akademik tidak menunjukkan bahwa kita sudah pakar dalam bidang tersebut. Malu kan????kalau kita memasang gelar tersebut tapi kita ternyata tidak ahli dan pakar dalam bidang tersebut. Keahlian seseorang tidak terletak pada gelar yang disandangnya karena banyak orang yang “tidak sekolah” secara formal tapi pakar dalam bidang yang ditekuninya…Dan kredibilitas kita tidak terletak pada gelar yang kita sandang tapi terletak pada apa kita lakukan dalam mengarungi hidup ini dan bisa berguna bagi orang lain….

GBU All……

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Gelar Akademik dan Undangan Pernikahan….”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

[…] Gelar Akademik dan Undangan Pernikahan…. […]


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: