Tips Membeli Laptop Bekas

Posted on Juni 4, 2008. Filed under: komputer | Tag:, , , , , , , |

Buat teman-teman yang ingin membeli notebook second, ada bebarapa hal yang perlu diperhatikan. Karena membeli notebook second tidak semudah membeli notebook baru. Untuk membeli notebook baru, mungkin teman-teman hanya bingung pilihannya saja, tapi untuk notebook second ada banyak yang perlu diperhatikan. Dibawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli notebook second :

  1. FISIK NOTEBOOK

Urusan Notebook second ( bekas ) memang fisik adalah hal utama yang perlu diperhatikan. Beberapa bagian fisik dari notebookharus diteliti secara seksama. jangan terkecoh dengan omongan penjual, karena bisa menjebak. Beberapa hal fisik yang diperhatikan adalah :

  • Casis

Kondisi dari casis laptop mengindikasikan bahwa laptop tadi dirawat dengan baik oleh pemilk pertama. Perhatikan baik-baik seluruh casis laptop sehingga anda tak menyesal dikemudian hari karena kurang cermat mengamati kerusakan yang terjadi.

  • Layar Laptop

Layar LCD laptop adalah salah satu komponen yang paling mahal. Karena itu pastikan layar laptop masih mampu bekerja dengan baik. Pastikan juga LCD tersebut tidak mempunyai dead pixel.

  • Keyboard & Touchpad

Pastikan keyboard dan touchpad masih berfungsi baik. Hal ini karena mengganti keyboard dan touchpad, selain membutuhkan biaya juga tak semudah seperti halnya di dekstop.

2. KOMPONEN NOTEBOOK

Komponen yang ditanam dalam notebook juga cukup penting diperhatikan. Biar anda tidak kecewa gara-gara performa notebook yang tidak sesuai dengan harapan. Pastikan komponen dalam notebook tadi sesuai harapan.

  • Prosesor

Untuk saat ini, sebaiknya anda membeli notebook berprosessor minimal Pentium III. Prosesssor ini masih mampu menjalankan sistem operasi modern seperti Windows XP dengan cukup baik. Tapi bila ingin koneksi wifi, sebaiknya pilih notebook yang mempunyai prosessor pentium IV. Kebanyakan notebook berprosessor pentium IV atau yang setara lebih mendukung teknologi wifi. Lebih baik lagi bila anda memilih notebook yang telah berteknologi centrino. Rata2 notebook berlabel centrino harganya sudah turun jauh, mungkin kisaran 3 -4 jutaan rupiah, anda sudah bisa mendapatkan notebook berteknologi centrino.

  • Memori

Memori RAM untuk notebook harganya memang sedikit lebih mahal dibanding dekstop, jadi teliti RAM yang ditanam di dalam notebook tersebut. Teliti kapasitas RAM dan periksa apakah bisa diupgrade dengan mudah jika suatu saat anda menginginkannya. Disarankan agar laptop punya kapsitas RAM minimal 512 Mb.

  • Kapasitas Harddisk

Laptop lama mungkin hanya punya kapasitas harddisk maksimal 40 GB, bahkan ada yang hanya 10 GB. Tentukan kapasitas yang memenuhi kebutuhan anda dalam menyimpan data.

  • Baterai

Baterai laptop bekas biasanya lemah. Pertimbangkan apakah anda memerlukan baterai murah. Jika misalnya laptop hanya dipakai di rumah, anda mungkin tidak perlu baterai baru dan bisa mengandalkan daya lstrik.

Semoga tips-tips ini bisa bermanfaat….selamat membeli laptop…

GBU All…..

Sumber Komputek

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Satu Tanggapan to “Tips Membeli Laptop Bekas”

RSS Feed for gusthy’s blog Comments RSS Feed

Dalam rangka memperingati 17 agustus/hari kemerdekaan…ada program gratisan nich…dapatkan 2 laptop gratis acer, advan, 100 usb 4 GB, 10 USB 8 GB, dan modem…proling…


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: