“Nyontek” Hal Yang Biasa????

Posted on Mei 11, 2008. Filed under: tips2kehidupan |

Siapa yang tidak pernah “nyontek”???? Hampir semua kita pasti pernah melakukan tindakan ini.. Tidak usah munafik, budaya “nyontek” adalah hal yang lumrah di kalangan pelajar Indonesia.( Lumrah bukan dalam arti “tidak apa-apa kalau kita menyontek” tapi menunjukkan betapa seringnya kita melakukan “nyontek” tersebut sampai-sampai kita merasa bahwa tindakan itu tidak salah tapi hal yang biasa)…Jangankan di kalangan pelajar, di kalangan orang yang sudah bekerja pun, budaya “nyontek” itu pun tetap ada. Saya sendiri pernah melihat rekan-rekan kerja saya saling bertukar lembar jawaban sewaktu mengerjakan tes tentang S..C.Kalau saya sendiri sih…jangan ditanyain, terlalu sering hehe…..Pernah pada waktu ujian di SMA saya sampai harus ke WC untuk mencari kertas contekan, parah yaaaa….!!!! di kuliah lebih parah lagi, kursi sampai dinding penuh dengan tulisan bahan ujian untuk dijadikan “contekan”

“Nyontek” sepertinya sudah jadi tradisi, “yang penting kan hasilnya” kata beberapa teman.”Itu semua demi kebaikan…????”. Kebaikan apanya ???? untuk saat ini, yaa.. tapi untuk masa depan, pasti kita akan hancur…Sebenarnya kita sudah tidak pernah mikir bahwa “nyontek” adalah DOSA..dan merasa fine-fine setelah melakukannya.. Kita telah membohongi diri kita sendiri dan menjadi manusia yang tidak punya pendirian.
Berikut ini tip-tip supaya tidak nyontek lagi :….

  1. Kita harus percaya diri, tanamkan dalam diri anda bahwa kita “PASTI BISA” ( seperti iklan salah satu minuman bernergi Bisaaaaaaa…. )
  2. Jangan gunakan SKS alias sistem kebut semalam. Kalau masih pake’ sistem ini, dijamin pasti akan “nyontek” lagi…Belajar harus dicicil, sedikit demi sedikit supaya tidak membebani otak kita. ( tapi ini tidak berlaku kalau anda punya utang uang atau barang pada orang lain, kalau bisa langsung dikebut bayarnya supaya tidak membebani hehe……)
  3. Jangan malu bertanya pada orang yang lebih tahu.. tapi jangan bertanya terus-menerus, usahakan anda juga menjadi “mentor” bagi teman-teman anda. Karena ada pepatah “malu bertanya, sesat di jalan.!!Bertanya terus-menerus…bloon hehe……

Ayo maju !!!!!!Jadi diri sendiri, berani bicara, berani buktiiin….GBU

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: