Benarkah Internet Akan Macet Berat ??????

Posted on April 27, 2008. Filed under: komputer |

“internet sekarang ini rawan, bukan karena ia kolaps, tapi banyak peluang yang akan hilang” ( Robert Metcalfe “Entrepreneur” dan pelopor jaringan )

Tentu ini kabar buruk bagi para netters, khususnya bagi mereka menggantungkan nafkahnya pada dunia yang katanya tanpa batas ini. Kok bisa macet ??? tentu pertanyaan itu yang pertama muncul ( kayak jalan raya aja yaaa…… ). Tapi ini bisa dipahami kok….. Internet yang semula hanya dipakai untuk militer, kini menjadi bagian hidup sehari-hari. Kegandrungan orang terhadap internet menyebabkan pemanfaatannya ( traffiknya ) melonjak drastis. Sehingga muncullah kekhawatiran bahwa internet akan dilanda kemacetan parah……pahamkan???? saya juga baru paham kok!!!!!

Salah satu penyebab ( katanya sihh ) terjadinya ancaman kemacetan ini adalah melonjaknya desain visual yang kaya pada komunikasi dan hiburan online- ( bahasanya terlalu dalam ya….) yang terwujud dalam klip-klip video dan film, jaringan pertemanan/komunitas, atau game multiplayer. Steve Lohr ( international Herald Tribune, dikutip KOmpas, 23/4/08 ) mengatakan desain visual itu, ukurannya sangat jauh melebihi ukuran kata2 sehingga sangat banyak membutuhkan bandwith. Sebagai bukti, You Tube tahun lalu saja mengkonsumsi bandwith yang jumlah sama dengan jumlah konsumsi bandwith pada tahun 2000, bayangkan……( tapi kalo otak g sampai, gak usah , lebih enak membayangkan nasi padang di warung hehe….)

Tapi kata beberapa ahli, hal ini tidak akan menyebabkan bencana “crash” tapi hanya akan memperlambat kecepatan download. Tapi bukankah ini sudah menjadi bencana?? Down load yang lambat akan membuat orang frustasi dan marah dan akhirnya crash ( katanya ahli, kok sama gobloknya dengan kita ). Mungkin mereka cuma berusaha menenangkan para netters.

Maka dengan itu setiap negara perlu berinventasi seiring dengan tuntutan dan pertumbuhan internet. Kalau tidak, ia akan kehilangan banyak peluang dan akan kalah dengan negara yang menjadikan internet berkecepatan tinggi sebagai prioritas. Bagaimana dengan indonesia ????? Borok-borok, ngurusi pangan aja terengah-engah……)

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: