Versi Valentine

Posted on Februari 15, 2008. Filed under: serba-serbi |

Sebelumnya, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Kasih Sayang untuk semua yang merayakan!!!!!Di negara kita ada pro-kontra tentang perayaan Valentine. Ada yang mengatakan valentine adalah budaya barat yang tidak cocok diterapkan di Indonesia penganut budaya Timur karena perayaan ini dianggap lebih banyak mengumbar kebebasan seksual daripada menerapkan esensi kasah sayang itu sendiri. Tapi ada juga yang tetap merayakan sebagai bentuk kasih sayang terhadap orang yang dikasihi. Apapun pendapat di atas, saya sendiri ikut merayakan valentine dengan mendapat coklat dari teman2 kantor dan memberi “Brownies” untuk seseorang yang saya kasihi he. he……
Asal-usul hari kasih sayang atau Valentine’s Day punya beragam versi. Ada yang mengatakan Valentine’s Day merujuk pada festival Lupercalia yang dirayakan bangsa Roma sejak berabad-abad sebelum Masehi. Festival yang diadakan pertengahan Februari didedikasikan untuk memuja Dewa Faunus, dewa pelindung pertanian, sarana menyucikan diri. Muncul juga sistem lotre untuk mencari pasangan dalam perayaan ini.

Sekitar abad V Masehi, setelah bangsa Roma menjadi Kristen , Paus Gelasius mendeklarasikan tgl 14 Feb sebagai Hari Valentine. Pemberian nama Valentine sendir merujuk pada 2 martur yang meninggal sekitar 2 abad sebelumnya.
Valentinus pertama adalah pendeta Roma yang menentang pemerintahan Kaisar Claudius II sehingga ia mendekam di penjara lalu dijatuhi hukuman mati. Dia dianggap melawan perintah Kaisar yang melarang pria muda menikah.
Valentinus lainnya adalah membantu pemeluk agama Kristen kabur dari penjara Roma. Valentinus pun dipenjara. Selama di penjara ia diminta seorang sipir untuk mengajar putri sang sipir yang buta.
Hubungan Valentinus dan sang gadis jadi dekat. Sebelum kematiannya, Valentinus meninggalkan pesan untuk putri sang sipir dengan kalimat penutup “from your valentine”
Lalu,
muncul tradisi mengirimkan kartu Valentine. salah satu kartu valentine tertua tersimpan di British Museum. Kertu ini dikirimkan oleh Charles Duke of Orleans, untuk istrinya, dari penjara Menara London.
Valentine akhirnya berkembang ke seluruh dunia. Orang tak cuma mengirim kartu, tapi juga mawar, makan malam romantis, bertukar kado, coklat termasuk brownies kan……!!!hehehe…..
Bagaimana dengan kamu…………………..?
Dikutip dari Kompas, 15 feb o8

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: